Senin, 17 Desember 2018 14:48 WITA

Kontestan Transgender Kalah, Miss Filipina Dinobatkan Sebagai Miss Universe 2018

Editor: Suriawati
Kontestan Transgender Kalah, Miss Filipina Dinobatkan Sebagai Miss Universe 2018
Catriona Grey dianugerahi mahkota Miss Universe

RAKYATKU.COM - Catriona Grey dari Filipina dianugerahi mahkota Miss Universe 2018 di Bangkok pada hari Senin (17/12/2018). Dia mengalahkan 93 wanita cantik lainnya dari berbagai negara di seluruh dunia.

Posisi Runner up adalah Putri Afrika Selatan, Tamaryn Green. Sementara di posisi ketiga adalah Putri Venezuela Sthefany Gutierrez.

Saat kemenangannya, Gray mengenakan gaun merah berkilau yang katanya terinspirasi oleh gunung berapi Mayon yang terkenal di Filipina.

Kontestan Transgender Kalah, Miss Filipina Dinobatkan Sebagai Miss Universe 2018Model cantik berusia 24 tahun itu mengatakan dia memakai pakaian merah karena "ketika saya berusia 13 tahun, ibu saya mengatakan dia bermimpi bahwa saya akan memenangkan Miss Universe dengan gaun merah."

Grey menjadi putri Filipina keempat yang membawa pulang mahkota Miss Universe. Kantor Presiden Filipina Rodrigo Duterte dengan cepat memberikan selamat kepadanya

"Ms. Grey benar-benar membuat seluruh Filipina bangga ketika dia berjalan di panggung global dan memamerkan kualitas asli yang mendefinisikan kecantikan Filipina: keyakinan, kecerdasan dan kekuatan dalam menghadapi tantangan berat," demikian pernyataan dari kantor presiden.

"Dalam kesuksesannya, Miss Filipina telah menunjukkan kepada dunia bahwa wanita di negara kita memiliki kemampuan untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan melalui hasrat, ketekunan, tekad, dan kerja keras."

Kompetisi Miss Universe tahun ini menuai sejumlah kontroversi, terutama karena hadirnya kontestan transgender pertama, Angela Ponce dari Spanyol.

Menjelang kompetisi, Ponce mengatakan kepada Time bahwa "saya ingin menunjukkan bahwa perempuan trans dapat menjadi apa pun yang mereka inginkan: seorang guru, seorang ibu, seorang dokter, seorang politikus dan bahkan Miss Universe."

Kontestan Transgender Kalah, Miss Filipina Dinobatkan Sebagai Miss Universe 2018Angela Ponce

Dalam sebuah video presentasi dia juga mengatakan bahwa tidak penting baginya untuk menang, tapi yang lebih penting adalah "berada di sini."

Final Miss Universe lagi-lagi dibawakan oleh Steve Harvey, yang dengan tidak sengaja mengumumkan pemenang salah dalam kontes 2015.

Tema kontes tahun ini adalah Empowered Women dan dinilai oleh tujuh wanita termasuk mantan pemenang kontes, pengusaha dan perancang mode.