Kamis, 18 Oktober 2018 20:07 WITA

Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Wajah Pasangan Mirip Usai Menikah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Wajah Pasangan Mirip Usai Menikah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak menyebut orang yang sudah menikah lama-lama wajahnya menjadi mirip. Bukan asal klaim, ternyata hal ini sudah dibuktikan oleh studi ilmiah lho.

Memang, semakin lama seseorang menjalin hubungan dengan pasangan maka keduanya akan menyesuaikan diri, baik dari segi fitur wajah dan kepribadian. Fenomena ini disebut sebagai konvergensi penampilan.

Menurut peneliti Robert Zajonc, seorang psikolog di University of Michigan, Amerika Serikat, semakin tinggi tingkat kemiripan wajah pasangan maka semakin bahagia keduanya. 

Zajonc mengatakan bahwa peningkatan kemiripan antara dua manusia ini merupakan hasil dari saling berbagi emosi selama beberapa tahun bersama.

Menurut Zajonc, beberapa faktor yang melatar belakangi kemiripan wajah antara lain diet yang sama. Pasangan umumnya, kata dia, mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Hal ini kata dia akan memengaruhi jaringan lemak.

Ia juga menambahkan, orang sering secara tidak sadar menirukan ekspresi wajah pasangannya. Hal ini jugalah yang lama kelamaan membuat ekspresi wajah semakin mirip.

Zajonc menduga bahwa hal ini ada kaitannya dengan otot-otot wajah yang terlatih karena menirukan ekspresi wajah pasangan.

"Kedekatan secara psikologis juga memainkan peranan penting dalam membuat dua insan mengalami kemiripan wajah," kata Zajonc dikutib Suara.

Kemiripan ini dikatakan Zajonc tak hanya sekedar tampilan wajah, kebiasaan dan karakter yang Anda miliki pun bisa jadi terpengaruh oleh pasangan.

Tags