Senin, 15 Oktober 2018 10:39 WITA

Film Karya Anak Makassar Juara Festival Film Puskat 2018

Penulis: Yuniastika Datu - Arfa Ramlan
Editor: Abu Asyraf
Film Karya Anak Makassar Juara Festival Film Puskat 2018
M Ikhwan

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Film karya M Ikhwan yang berasal dari Makassar, berjudul Dendang Bantilang berhasil meraih juara pada Festival Film Puskat (FFP) 2018 Yogyakarta. Mengusung tema "Mencari Keadilan, Membangun Budaya Damai".
 
Lomba film pendek ini adalah yang keempat kalinya. Diikuti 76 karya dari berbagai provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, NTB, dan Sulawesi Selatan. 

Jumlah peserta yang mengikutkan karya film pendeknya tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu. Dari 76 karya, 31 di antaranya film dokumenter dan 45 film cerita. Kemudian diseleksi menjadi enam film cerita dan enam film dokumenter. 

M Ikhwan mengatakan, film Dendang Bantilang ini berkisah seorang anak kecil yang selalu diperhadapkan dengan situasi ditinggalkan. Hingga pada akhirnya hanya dialah yang tersisa untuk melanjutkan warisan leluhurnya. Kisah ini mengangkat cerita pelestarian perahu pinisi di Bulukumba. 

"Dendang Bantilang ini juga sementara mengikuti Himafisi Film Festival Jember 2018 dan UMN Animation dan Film Festival (UCIFEST), " tuturnya.  

Film Karya Anak Makassar Juara Festival Film Puskat 2018

Penganugerahan pemenang lomba film pendek tersebut diadakan Studio Audio Visual (SAV) Puskat di Balai Budaya Sinduharjo, Yogyakarta, Minggu (14/10/2018).

Dalam lomba ini, tampil sebagai runner up karya FFTV Institut Kesenian Jakarta berjudul "Kertas Merah" dan peringkat ketiga karya asal Bengkulu yang berjudul "15.7 KM."  

Sebelum malam puncak penganugerahan, nominator diundang untuk mengikuti master class selama dua hari. Sesi ini menghadirkan dua narasumber berkompeten di bidangnya. 

Satu di antaranya, Yudi Datau, pengarah sinematografi terbaik FFI untuk film Gie,  Dilema, dan 5 Cm. Pemateri lainnya, BW Purbanegara, penulis naskah, sutradara,  produser, film Ziarah (2016), best screenplay ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA)  2017. 


 

Berita Terkait