Senin, 08 Oktober 2018 07:00 WITA

10 Cara Menebalkan Alis Mata dengan Bahan Alami

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Cara Menebalkan Alis Mata dengan Bahan Alami

RAKYATKU.COM - Hampir semua perempuan sangat mendambakan memiliki alis yang tebal karena alasan kecantikan. Hal tersebut juga yang menjadikan mengapa setiap perempuan sangat suka menggambar alisnya agar tampak lebih tebal hingga mencari cara menebalkan alis.

Namun, bagi yang malas karena harus menggambar alis setiap hari, biasanya akan melakukan cara instan, seperti sulam alis. Ya, sulam alis memang sangat ampuh dalam membentuk atau menebalkan alis secara cepat. Tapi, biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Selain itu, sulam alis pun memiliki risiko yang tak pernah Anda duga sebelumnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya menggunakan bahan alami saja jika ingin menebalkan alis. Selain harganya murah, bahan alami pun terbilang nol atau tanpa risiko yang berarti. Dilansir laman Doktersehat, berikut cara menebalkan alis secara alami.

1. Minum air

Air baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Air membantu menghilangkan semua zat beracun dari tubuh Anda melalui urine. Mulailah minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari. Ini akan meningkatkan sistem tubuh Anda dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Bawang merah

Siapa sangka jika bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan sebagai cara menebalkan alis secara alami? Memang sedikit asing, tapi faktanya bawang merah bisa membuat alis menjadi lebih tebal.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghancurkan bawang merah dengan blender, lalu peras hingga menghasilkan sari bawang. Setelah terkumpul, celupkan kapas pada ekstrak bawang tersebut kemudian oleskan pada alis secara merata.

3. Santan kelapa

Kabar baik ini telah datang dari zaman nenek moyang. Sejak dahulu banyak yang menggunakan santan kelapa untuk menebalkan rambut, salah satunya sebagai cara menumbuhkan alis. Cara ini terbilang cukup ampuh sehingga masih dipercaya sampai sekarang. 

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan santan kelapa pada alis dan diamkan beberapa saat sembari memijatnya. Kemudian, bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin setiap hari.

4. Lidah buaya

Untuk bahan alami yang satu ini memang telah tersohor jika berhubungan dengan rambut. Lidah buaya bisa Anda gunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, tak terkecuali alis. Cara melebatkan alis cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil lendir dari lidah buaya, lalu oleskan secara merata pada alis. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Minyak jarak

Ini adalah ramuan nenek moyang dan paling efektif sebagai cara mempertebal alis lebih tebal. Karena diperkaya dengan protein, asam lemak, antioksidan dan vitamin, yang membantu dalam menutrisi folikel rambut. Pastikan bahwa Anda menerapkan minyak jarak setiap hari pada akar alis Anda, ini bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga memastikan bahwa setiap helaian rambut tebal dan kuat.

Caranya, pijat beberapa tetes minyak jarak ke alis Anda dengan ujung jari. Biarkan selama 30 menit, bersihkan dengan pembersih kosmetik, dan bersihkan wajah dengan air hangat.

Perlu diigat, minyak jarak murni dapat menyebabkan iritasi, gatal-gatal, dan ruam jika Anda alergi. Pastikan Anda melakukan ujicoba pada kulit tangan sebelum menggunakannya. Sebaiknya menggunakan minyak jarak hitam, karena sangat baik untuk menumbuhkan rambut secara alami.

6. Kuning telur

Rambut alis tumbuh dengan protein keratin, dan telur adalah sumber protein yang bagus. Keratin adalah bahan utama dalam sebagian besar suplemen pertumbuhan rambut. Kuning telur juga merupakan sumber biotin yang kaya, yang membantu alis Anda tumbuh. Anda akan mendapatkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat jika Anda menggunakan perawatan ini dua kali seminggu.

Cara membuat alis tebal dengan memisahkan kuning telur dari putihnya. Kocok kuning telur sampai konsistensi halus. Terapkan ke alis Anda menggunakan Q-tip atau kuas. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Perlu diingat, kuning telur dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan dengan hemat.

7. Petroleum jelly

Petroleum jelly dapat mempertahankan kelembapan di alis Anda. Senyawa petrolatum mencegah uap air keluar, dan karenanya membuat kulit lembap. Ini sangat membantu alis Anda tumbuh panjang dan penuh. Ulangi ini setiap malam sampai Anda mendapatkan alis tebal yang diinginkan.

Caranya, oleskan petroleum jelly pada alis mata dan biarkan semalam. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak karena dapat menodai sarung bantal Anda. Bilas dengan air hangat di pagi hari.

Perlu diingat, petroleum jelly memiliki kandungan minyak yang tinggi. Jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat, tidak disarankan untuk menggunakan obat rumah ini untuk mendapatkan alis yang lebih tebal.

8. Lemon

Karena lemon kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, dan nutrisi penting lainnya, lemon membuat alis Anda tumbuh jauh lebih cepat daripada bahan lainnya. Penerapan lemon ini menyebabkan sedikit terbakar pada kulit, namun kondisi normal. Jika iritasi berlanjut, hentikan penggunaanya dan gunakan beberapa obat lain. Hindari mencoba cara ini jika Anda memiliki kulit sensitif.

Cara menebalkan alis dengan menggosok sepotong lemonpada alis Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Anda bahkan bisa membuat ramuan sendiri dengan memasukkan kulit lemon ke dalam ¼ cangkir minyak kelapa murni. Biarkan campuran itu selama 15 hari. Setelah siap, Anda dapat menerapkan ramuan ini ke alis menggunakan kapas setiap malam sebelum tidur. Cucilah keesokan paginya.

Perlu diingat, jangan biarkan alis Anda terpapar sinar matahari selama dua jam setelah menerapkan obat ini, karena dapat mencerahkan warna alaminya.

9. Susu

Susu alami memiliki banyak manfaat, juga dalam berbagai perawatan kulit, mengandung dua protein yang dikenal sebagai kasein dan whey. Kedua kandungan ini membuat rambut tumbuh sehat. Lakukan hal ini setiap hari akan memberi Anda hasil yang diinginkan.

Caranya, rendam bola kapas di dalam susu. Pijat lembut alis Anda dengan kapas. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air. Lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

20. Minyak kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner sekaligus pelembap dan sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah. Asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa bekerja dengan protein alami yang ditemukan di rambut untuk melindunginya dari kerontokan. Asam laurat yang ada di dalamnya bertindak sebagai agen antimikroba, mencegah infeksi folikel rambut.

Berbagai protein serta nutrisi seperti vitamin E dan zat besi dalam minyak kelapa mambantu alis tetap sehat dan tebal. Anda dapat menerapkan minyak kelapa pada alis setiap hari, tetapi menggunakannya bahkan beberapa kali seminggu dapat memiliki hasil yang nyata.

Cara menggunakan, celupkan kapas ke dalam minyak dan oleskan pada alis Anda. Biarkan selama semalam. Bilas alir dengan air di pagi hari.