Sabtu, 29 September 2018 03:30 WITA

5 Alasan Enggan Putus Padahal Tak Lagi Cinta

Editor: Nur Hidayat Said
5 Alasan Enggan Putus Padahal Tak Lagi Cinta

RAKYATKU.COM - Cinta bukan satu-satunya hal yang bisa jadi alasan seseorang bertahan dalam hubungan. Ada banyak hal lain yang harus dimiliki kedua belah pihak supaya relasi tetap bisa bertahan tanpa kehambaran atau kehampaan. 

Seseorang yang sekarang sedang berada dalam sebuah hubungan, jangan sampai tetap bertahan padahal sudah tidak ada gairah lagi.

Ada banyak sekali orang yang memutuskan untuk bertahan dalam sebuah hubungan walaupun itu tak baik baginya. Berikut beberapa alasan yang mendasari mengapa orang malas putus walau sudah tak cinta lagi.

1. Malas mengulang pola kenalan-pendekatan-pacaran lagi

Yang namanya menjalin relasi, pasti harus mengalami pengulangan pola itu lagi. Sekarang bayangkan, apa masih bisa merasa malas kalau masa depan dipertaruhkan? Sekali mengiyakan sebuah pernikahan yang tidak diinginkan, selamanya akan terjebak di dalamnya.

2. Takut tidak bisa menemukan yang lain

Bagaimana bisa menghakimi diri sendiri tidak akan dapat pasangan lagi sedangkan keluar dari hubungan yang hambar saja belum bisa? Akan ada seseorang yang tidak akan membuat merasa bosan walau setiap hari bersamanya. Kalau belum merasakannya sekarang, tandanya dia memang bukan orang yang dipersiapkan untukmu, jangan takut putus dengannya.

3. Berada dalam usia yang sudah matang dan seharusnya siap berumah tangga

Karena usia sudah mengejarmu, dan hanya memilikinya sekarang, jadi mau tidak mau tetap bertahan. Jangan seperti itu. Selalu ada kesempatan asal mau mengusahakannya. Lagi pula, untuk apa fokus pada usia menikah padahal tidak yakin bisa hidup bahagia dengannya.

4. Merasa pantas berada dalam situasi tersebut

Karena kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu, atau karena kurang memiliki kepercayaan diri bahwa semua orang patut bahagia. Jangan pernah beranggapan pantas menderita dengan bertahan pada cinta yang hambar. Selalu pantas bahagia, asal mau memperjuangkannya.

5. Takut mendapat pasangan yang lebih buruk dari pasangan yang sekarang

Padahal tidak ada jaminan hal itu pasti terjadi. Lebih baik mulai memikirkan dirimu sendiri dahulu. Jangan sampai bertahan malah membuat stres setiap harinya. Bahkan sekalipun sudah sendiri, itu lebih membahagiakan dibanding jadi pasangan orang yang tidak lagi dicintai.

Yang penting tidak menyiksa diri sendiri. Kalau memang tidak merasa nyaman, jangan takut untuk segera pergi dan menemukan kebahagiaan sendiri. Cinta memang bisa luntur, jangan salahkan diri atau dia yang tidak bisa membuat cinta seindah dulu.

Sumber: IDN Times