Kamis, 20 September 2018 04:00 WITA

Tujuh Sineas Asal Makassar Ikut SEAScreen Academy 2018

Penulis: Nur Izzati - Arfa Ramlan
Editor: Abu Asyraf
Tujuh Sineas Asal Makassar Ikut SEAScreen Academy 2018
Direktur SEAScreen, Riri Riza (kanan). (FOTO: ARFA RAMLAN/RAKYATKU.COM)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Rumahta' Artspace kembali melaksanakan program tahunan, yakni South East Asia Screen Academy (SEAScreen Academy). Acara tersebut kini memasuki tahun ketujuh.

Seperti diketahui, kegiatan yang mengangkat tema "Producer's Producing" ini merupakan sebuah ajang pencarian bakat dan pelatihan bagi para pembuat film. Khususnya bagi para sineas yang ingin menjadi profesional.

Direktur SEAScreen, Riri Riza mengatakan, program yang melibatkan para produser profesional ini bertujuan untuk membuka dialog tentang keragaman tema dan profesionalisme produksi, demi kemajuan yang merata pada sektor perfilman Indonesia.

"Selain menjadi ruang belajar tentang berbagai hal teknis produser film, ajang ini juga menjadi sarana interaksi intensif antara para pembuat film Indonesia dan Asia Tenggara," terangnya dalam konferensi pers di Cafe Mama, Jalan Bau Mangga, Rabu (19/9/2018).

Ia menjelaskan, pendaftaran kompetisi tersebut terbuka untuk para produser dari Timur Indonesia. Ada 10 produser dengan konsep terbaik akan diundang guna mendapat pengetahuan baru bersama produser-sutradara film profesional. 

Hal itu akan dikemas dalam bentuk sanggar karya, masterclass, seminar, diskusi, pemutaran film, hingga pitching selama 3 hari (20-22 September), di Rumahta' Artspace dan beberapa tempat lainnya di Makassar.

"Para peserta ini nantinya akan bertemu dengan mentor yang mana mereka adalah para produser film Indonesia yabg tidak saja berpengalaman, tapi juga berprestasi," katanya.

Sementara itu, salah satu film maker ternama asal makassar, Aditya Ahmad mengaku bangga karena sejak awal bisa terlibat dalam perhelatan SEAScreen Academy.

"Kita bisa menambah wawasan soal perfilman. Dan menurut saya, film yang berkualitas itu tidak hanya menyuguhkan sebuah genre yang menarik saja, tapi juga harus berisi, agar yang nonton bisa semakin berpikir positif," terangnya.

Berikut nama-nama peserta (produser) dan proyeknya yang terpilih di Producers Producing SEAScreen Academy 2018 :

Film Panjang (cerita)
1. Andrew Parinussa, Makassar (Floating School)
2. Trish Pradana, Mataram (Dunia Maya)
3. Halim Gani, Makassar (Sebelah Mata)
4. Muh Yusuf, Makassar (Nyanyian Sahara)
5. Haediqal Pawennei, Makassar (Jalangkote Rasa Keju)

Film Dokumenter
6. Yulika Indrawati, Papua (Hutan Perempuan)
7. Andi Fatimah Azzahra, Makassar (Pasar Kalimbu)
8. Yusnaningsih, Depok (Mattikang Balle)

Film Pendek
9. Sofyan Syamsul, Makassar (Segeri)
10. Rahmat Arham, Makassar (Kebun Angin)


 

Berita Terkait