Rabu, 12 September 2018 06:30 WITA

Deretan Fakta tentang Hari Rabu

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
Deretan Fakta tentang Hari Rabu
Source: Qiye

RAKYATKU.COM - Hari Rabu adalah hari ketiga dalam satu minggu, serta merupakan hari setelah Selasa dan sebelum Kamis. Seperti hari lainnya, hari rabu juga dianggap sebagai hari yang produktif terutama dihari Senin hingga Jumat, menurut ISO atau standar internasional. 

Sebagai salah satu hari, Rabu juga punya fakta yang perlu kamu ketahui. Berikut ulasannya dari cintaihidup.com:

1. Asal Kata Rabu
Kata Rabu dalam bahasa Indonesia berasal dari kata Arbaah yang dalam bahasa Arab berarti empat. Seperti yang kita ketahui dalam sistem kalender agama tertentu rabu adalah hari keempat dalam satu minggu. Selain itu kata rabu dalam bahasa inggris yakni Wednesday berasal dari kata Woden yang merupakan dewa penting dalam kebudayaan Romawi atau yang dikenal sebagai Odin, dewa terpenting bangsa Viking atau Skandinavia.

2. Kulit Terlihat Tua
Kesehatan dan kecantikan kulit adalah salah hal yang sangat diperhatikan oleh sebagian besar orang terutama para wanita. Berbagai hal dan produk tentunya digunakan untuk menjaga agar kulit tetap terlihat muda. Tapi tahukah kamu bahwa berdasarkan survey dan penelitian dari sebuah perusahaan kosmetik yakni Tanning company, ternyata kulit seseorang terlihat paling tua pada hari rabu sekitar pukul 3.30. Coba saja perhatikan kulitmu dihari rabu apakah benar demikian?

3. Bos Lebih Baik
Menghadap bos memang terlihat cukup menegangkan terutama jika kita ingin meminta atau mengajukan sesuatu padanya misalnya saja jika kamu ingin mengajukan cuti atau permohonan lainnya. Menurut survey yang dilakukan beberapa lembaga, bos atau atasan dalam suatu perusahaan cenderung bersikap lebih lunak dan bisa menerima permintaan karyawannya dihari rabu. Belum ada penjelasan yang pasti mengenai hal ini dan kalau kamu ingin membuktikannya, coba saja!

4. Hari Paling Membahagiakan
Kalau yang satu ini sih mungkin benar ya, hari rabu dijuluki sebagai hump day karena hari ini terletak ditengah minggu dan setelah hari rabu akhir pekan akan semakin dekat. Mungkin menurut sebagian orang weekend adalah hari yang ditunggu-tunggu tapi ternyata menurut penelitian dari Universitas Surrey, hari rabu adalah hari yang paling membahagiakan dimana orang berperilaku baik pada hari ini dan cenderung terlihat lebih senang.

5. Planet Merkurius
Setiap hari dalam ilmu astrologi memiliki unsur planetnya tersendiri. Sama seperti hari lainnya, hari rabu juga sering dikaitkan dengan planet merkurius yang memiliki unsur air. Dalam bahasa Jepang hari rabu juga berarti hari air yang juga terkait dengan planet merkurius yang juga dianggap sebagai planet air. Tidak hanya orang Jepang saja yang mengaitkan hari rabu dengan planet merkurius tetapi juga umat Budha dan Hindu juga demikian.

6.Hari Paling Sehat
Siapa sangka ternyata hari rabu adalah hari yang paling sehat dalam satu minggu dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh Dr Vicky Senior yang diterbitkan dalam Daily Express menyebutkan bahwa orang-orang cenderung melakukan kebiasaan hidup sehat seperti tidur 8 jam, makan buah dan sayur serta pergi ke gym dihari rabu. Kamu termasuk yang seperti itu tidak? Jika belum melakukan kebiasaan hidup sehat cobalah mulai dari sekarang dan jangan melakukannya hanya dihari rabu saja ya!

7. Warna Keberuntungan
Sebuah tradisi di Thailand juga cukup unik, mereka biasanya memberi dan menandai setiap hari dengan warna-warna tertentu berdasarkan astrologi dan kalender yang mereka anut. Hari Rabu dalam penanggalan mereka memiliki warna keberuntungan hijau dan warna ketidakberuntungannya adalah pink. Jadi kalau mau beruntung dihari rabu masyarakat Thailand biasanya menggunakan warna hijau dan menghindari warna pink. Wah, ada-ada saja ya!

8. Mitos Hari Rabu
Ada beberapa mitos yang juga dikaitkan dengan hari rabu seperti dalam primbon jawa disebutkan bahwa mereka yang lahir dihari rabu adalah orang yang sukses dalam usahanya dan memiliki sifat dermawan. Sifat kelahiran berdasarkan hari memang sangat populer akhir-akhir ini dan seringkali memang cocok dengan kepribadian orang tersebut. Kamu yang lahir dihari rabu apakah percaya dengan ramalan sifatmu tersebut?

9. Holy Wednesday
Menurut kepercayaan dalam agama Nasrani hari rabu yang dikenal dengan istilah Holy Wednesday atau Spy Wednesday adalah hari dimana Judas iskariot melakukan pengkhianatan terhadap Yesus. Seperti kepercayaan kaum nasrani, Judas Iskariot adalah murid dari yesus yang kemudian membocorkan rahasia dan menunjukkan lokasi tinggal yesus kepada tentara Romawi pada saat itu hingga akhirnya yesus disalib oleh para tentara tersebut.

10. Nama Yang Berbeda
Setiap negara tentu memiliki nama untuk hari-harinya misalnya saja dalam bahasa inggris nama hari selalu diakhiri dengan “day”. Hampir sama seperti di negara berbahasa Inggris, nama-nama hari di Jerman juga diakhiri dengan “tag” seperti Montag untuk senin dan Dienstag untuk selasa. Meskipun demikian ternyata hari rabu adalah satu-satunya hari tanpa akhiran tag. Dalam bahasa Jerman, hari rabu disebut dengan Mittwoch. Kenapa bisa beda sendiri ya?

Berita Terkait