Senin, 10 September 2018 18:01 WITA

Lima Cara Terbaik untuk Menggunakan Kembali Air Bilasan Beras

Editor: Suriawati
Lima Cara Terbaik untuk Menggunakan Kembali Air Bilasan Beras
INT

RAKYATKU.COM - Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia, sehingga sudah pasti kita mencuci beras dan memasak nasi hampir setiap hari.

Umumnya, kita hanya akan membuang air bilasan beras begitu saja, tapi ternyata itu bisa digunakan kembali, baik untuk tujuan kecantikan atau membersihkan rumah.

Tapi, perlu dicatat bahwa air bilasan pertama harus tetap dibuang karena itu kotor, dan Anda hanya bisa menggunakan bilasan kedua dan seterusnya.

Berikut lima cara memanfaatkan air cucian beras

1. Memasak
Anda mungkin sering mendengar coto air beras. Yah, makanan tradisional ini dibuat dengan menggunakan kuah dari cucian beras. Selain itu, air ini juga banyak digunakan dalam masakan jepang.

Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak bahan lain seperti lobak, dan rebung. Merebus sayuran dengan bilasan beras akan menjadikan makanan lebih lezat.

2. Mencuci piring
Air cucian beras sangat efektif untuk membersihkan peralatan makan, dan menghilangkan bau tidak sedap. Caranya lap piring, mangkuk dan gelas Anda menggunakan air beras, lalu rendam semua itu dalam bilasan beras selama 30 menit.

3. Membersihkan rumah
Anda dapat menuangkan air beras ke dalam botol semprot, atau rendam kain pembersih di dalamnya lalu gunakan untuk mengelap wastafel dapur. Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan lantai, bak mandi, atau toilet.

4. Menyiram tanaman
Air bilasan beras mengandung sejumlah nutrisi yang membantu menyuburkan tanaman. Tapi pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak, karena air ini juga mengandung pati yang dapat menarik serangga.

5. Perawatan kulit
Air cucian beras bertindak sebagai agen pengelupas alami, dan melembabkan kulit. Jika Anda rutin mencuci muka dengan air beras, maka Anda akan memiliki kulit yang bersih dan putih alami.

Sumber: Naver Matome / Sore News