Minggu, 19 Agustus 2018 11:44 WITA

Unik, Mesin Jual Otomatis di Hong Kong Jual Calon Pacar

Editor: Suriawati
Unik, Mesin Jual Otomatis di Hong Kong Jual Calon Pacar
Fate Capsule

RAKYATKU.COM - Vending Machine atau mesin jual otomatis adalah sesuatu yang sangat populer di Asia. Ini bisa digunakan untuk menjual apa saja, termasuk calon pacar.

Yah, seorang pengusaha Honk Kong merancang sebuah vending mechine untuk para lajang yang ingin mencari pasangan.

Mesin penjual itu dinamai “Fate Capsule” dan ditempatkan di luar BT Reptile, toko hewan peliharaan kecil di lingkungan Kowloon.

Ini pada dasarnya adalah penjual otomatis multi-tier yang membagi-bagikan kapsul plastik berisi rincian kontak dari para lajang yang mencari cinta.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan HK $20 (Rp37 ribu) koin, dan itu akan memuntahkan kapsul yang berisi deskripsi dan informasi kontak dari orang yang bisa Anda ajak berkencan. Ada kompartemen terpisah untuk pria dan wanita.

Mesin jual otomatis ini dibawa ke Hong Kong oleh Ben Tang, pemilik BT Reptile, setelah awalnya melihat konsep yang sama di Taiwan.

Lantas bagaimana Tang mendapatkan rincian orang-orang untuk ditempatkan dalam kapsul? Sederhana, orang-orang dapat meninggalkan data mereka (nama, usia, tinggi badan, berat badan, hobi, dan pengenalan diri singkat tentang dirinya dalam Google Documen). Tautannya dapat diperoleh di halaman Facebook Tang.

Selanjutnya, dia akan menghubungi mereka di WeChat untuk verifikasi. Bersama pacarnya, Tang biasanya menghabiskan waktu hingga lima jam untuk memeriksa data.

Tang meluncurkan mesin penjual Fate Capsule tepat sebelum Hari Valentine, dan telah menjadi sangat populer. Bahkan dia harus membatasi jumlah kapsul yang terjual per hari, hanya untuk mempertahankan karakter romantis perangkatnya.

"Saya dapat dengan mudah menjual lebih dari 1.000 kapsul setiap hari jika saya mau," kata Ben Tang kepada Coconuts Hong Kong. “Tapi, saya suka melihat orang datang dengan santai ketika mereka punya waktu luang, dan itu terasa lebih ditakdirkan."

Tapi meskipun Fate Capsule menuai popularitas, Tang juga menghadapi kritikan. Beberapa orang meninggalkan ulasan buruk di Facebook.

Mereka menggambarkan bisinis itu sebagai 'penipuan', dengan alasan bahwa permintaan pertemanan mereka di WeChat tidak diterima oleh calon pacar, atau mereka memutus kontak secara tiba-tiba.

Selain itu, banyak juga yang mempermasalahkan soal privasi, karena informasi kontak pribadi orang banyak dibagikan di situs-situs seperti YouTube.

Tapi kontroversi itu justru mendongkrak keberhasilan Fate Capsule. Bahkan pengusaha lain di Hong Kong telah meluncurkan bisnis serupa.