Minggu, 08 Juli 2018 17:32 WITA

Pasangan yang Gelar Pesta Pernikahan Mahal Lebih Cenderung Bercerai

Editor: Suriawati
Pasangan yang Gelar Pesta Pernikahan Mahal Lebih Cenderung Bercerai
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin banyak uang yang Anda habiskan untuk pernikahan, semakin besar pula kemungkinan untuk bercerai.

Penelitian ini dilakukan oleh profesor ekonomi Andrew Francis-Tan dan Hugo M Mialon. Mereka mensurvei 3.000 orang yang menikah, mencari karakteristik apa pun yang dapat meningkatkan kemungkinan perceraian.

Salah satu kesimpulan yang menonjol adalah bahwa semakin banyak uang yang dihabiskan untuk cincin pertunangan, semakin mungkin hubungan itu berakhir dalam perceraian, terutama harga cincin yang lebih dari $2.000 (sekitar Rp28 juta). 

"Secara khusus, dalam sampel laki-laki, pengeluaran antara $2.000 hingga $ 4.000 pada cincin pertunangan dikaitkan dengan bahaya perceraian 1,3 kali lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran antara $500 hingga $2.000".

Dan hal yang sama berlaku untuk upacara pernikahan. Pesta yang biayanya di bawah $1.000 menunjukkan kemungkinan perceraian yang lebih rendah, sementara pernikahan yang menghabiskan biaya lebih dari $20.000, 1,6 kali lebih mungkin untuk berpisah.

Untungnya, tidak semua pengeluaran terkait pernikahan itu negatif. Meskipun cincin dan pesta mahal dapat berdampak buruk terhadap durasi pernikahan, para peneliti menemukan bahwa "pergi berbulan madu secara signifikan terkait dengan bahaya perceraian yang lebih rendah."