Sabtu, 07 Juli 2018 09:35 WITA

Lee Kwang Soo Gunakan Kata Kasar, "Running Man" Dapat Teguran Resmi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Lee Kwang Soo Gunakan Kata Kasar,

RAKYATKU.COM - Acara reality show milik SBS "Running Man" mendapat teguran administratif dari Komisi Standar Komunikasi Korea (Korea Communications Standards Commission) atas penggunaan bahasa kasar yang dilontarkan Lee Kwang Soo selama acara.

Pada episode 27 Mei, Lee Kwang Soo memanggil bintang tamu Hyejeong AOA dengan istilah “Kkotbaem" (??) atau "penggali emas”. Staf produksi memutuskan untuk memberikan caption saat dia memanggilnya “ular” (baem "?").

Kata “kkotbam” sendiri menjadi kontroversial sejak adanya gerakan #MeToo di Korea, karena beberapa korban dituduh hanya datang setelah tawaran uang. "Kkotbam" selalu menjadi istilah negatif, dan semakin menjadi kata penghinaan setelah beberapa anti-feminis dijuluki korban #MeToo sebagai "penggali emas".

Lee Kwang Soo Gunakan Kata Kasar,

Selain episode tersebut, Lee Kwang Soo juga berteriak pada semua cast Running Man untuk tutup mulut, ketika mereka mendiskusikan karakter ikan-manusia dari “Collective Invention” di episode lainnya.

Setelah episode tersebut tayang, kolom komentar di forum situs web Running Man pun banjir kritikan dari pemirsa.

"Lee Kwang Soo, tolong perhatikan apa yang kamu katakan," ujar nitizen. "Lee Kwang Soo meminta maaf" tulis nitizen lainnya.

Hal ini yang membuat Komisi Standar Komunikasi Korea melakukan peninjauan tayangan, dan memutuskan memberi peringatan kepada acara variety show yang telah mengudara hampir satu dekade tersebut.

"Bahkan jika program ini dimaksudkan untuk menghibur, tidak ada acara TV yang boleh menayangkan konten yang membahayakan kesetaraan jender," ujar KCSC, yang dikutip dari Koreaboo.