Rabu, 13 Juni 2018 15:02 WITA

Menjadi Make Up Artist Karena Hobbi

Penulis: Alifiah Ainul
Editor: Andi Chaerul Fadli
Menjadi Make Up Artist Karena Hobbi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Usaha bila didasari dengan hobi tentu saja akan ada kepuasan tersendiri. Ain Ulfarezkia Hikman Perempuan kelahiran 19 Juni 1994 ini memilih menjadi seorang make up artist profesional karena hobi.

Baginya menjadi seorang Make Up Artist (MUA) tentu saja memiliki tantangan. Sebab membuat wajah seseorang terlihat cantik dan menawan dengan balutan make up, tidak semudah merias diri sendiri. Tidak hanya skill yang dibutuhkan, mengetahui detail teknik-teknik bermake up juga sangat penting. 

“Menjadi MUA bukan sekedar pekerjaan saja tapi juga menyalurkan hobi sendiri. Saya senang bisa membuat orang lain juga senang. Pada dasarnya saya senang membuat wanita terlihat cantik apalagi di hari spesialnya." ujar Ain kepada Rakyatku.com

Tidak mudah bagi Ain untuk berhasil dalam memulai bisnis tersebut. Dia mendapat banyak tantangan, dalam membantu mewujudkan impian wanita yang ingin tampil cantik saat pergi ke pesta atau acara-acara undangan lainnya. Mulai dari modal yang besar harus ia keluarkan untuk belajar khusus hingga mebeli alat make up yang wajib digunakan dan tentunya merogoh kocek untuk menghadirkan produk-produk terbaik untuk make up.

“Apapun jenis pekerjaan pasti ada tantangannya, demikian juga make up artis. Kita membuat sebuah karya seni, dengan mempercantik wajah seseorang. Kalau salah sedikit saja, hasilnya juga tidak akan maksimal. Dan saat ini saya masih belajar terus memahami bentuk wajah klien yang akan di make up seperti contouring karna bentuk wajah setiap klient berbeda-beda." jelasnya

Mulanya, kata Ain, dia melakukan privat dengan salah satu MUA makassar yang telah meriasnya. Karena hasil yang ia lihat sangat luarbiasa membuatnya tertarik untuk menekuni dunia ini.

“Saya bersyukur sekali karena dengan hasil yang ada ini, banyak dukungan yang saya peroleh terutama dari Suami teman dan orang-orang terdekat. Diimbangi dengan tekad, akhirnya aku berhasil membuka usaha ini," ungkapnya

Meski sudah menjadi pengusaha rias,  ia tak segan membagikan tips dalam tata rias. Menurutnya, menjadi seorang MUA harus ada tekad dan kemauan, setelah itu belajar dan terus belajar. Ilmu yang sudah didapatkan harus diasah, agar semakin baik hasilnya. 

Untuk mempertahankan eksistensinya Ain sering berinovasi. Ia terus menambah ilmunya melalui bacaan, menonton youtube, berdiskusi, hingga mencari tips-tips menarik merias wajah.

Ia berharap untuk bisa menjadi MUA profesional yang bisa mengerjakan berbagai tehnik make up apalagi di dalam negri sendiri. Menurutnya indonesia sangat banyak jenis make up adat yang harus di kuasai tehniknya dan ingin mengerjakannya dengan rapih agar client terlihat cantik.

“kalau make up artis itu harus dari tangan professional, wajah klien harus berubah total. Itu sulit kalau bukan ahlinya, tapi kalau sudah ahli, wah hasilnya pasti akan menyenangkan sekali,” sebutnya. 

Sebagai pengusaha make up artis, Ain harus akrab dengan media sosial akun Instagramnya. Terkadang dia juga memamerkan hasil riasannya agar banyak yang tertarik dengan hasil riasannya.

Baginya, suka duka menjadi seorang make up artist sangatlah seimbang. Ain sangat puas apabila hasil make up disukai oleh klien, begitu pun sebaliknya, apabila klien komplain ia tidak putus asa menjalankan hobinya dan bertekad terus belajar untuk menjadinyang terbaik.

Data Diri : 
Nama : Ain Ulfarezkia Hikman
Tempat, Tanggal lahir : Mataram 19 juni 1994
Nama akun instagram : @ain_ulfarezkia

Tags