Rabu, 13 Juni 2018 09:22 WITA

Inspirasi Desain Busana dari Budaya Lokal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Inspirasi Desain Busana dari Budaya Lokal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perkembangan industri fesyen di Indonesia semakin pesat, tidak terkecuali busana Muslim. Hal ini sejalan dengan semakin diminatinya busana Muslim yang membuat perancang busana atau desainer semakin berkreasi untuk menjajakan produknya.

Ragam produk dan butik Muslim bisa didapatkan dengan mudah di berbagai kota, termasuk Makassar. Desainer kelahiran Sumatera Barat, Riza Rozana misalnya, melalui brand Sun Summit, Ia menciptakan produk busana Muslim dengan tema-tema budaya di Indonesia.

Bahkan dasain-desain busananya telah dikenal hingga mancanegara melalui berbagai pagelaran fashion. Menurutnya, ia merintis dan mendesign beragam produk sejak 2009. 

"Awalnya saya hanya membuat busana untuk digunakan sendiri. Namun, respon teman-teman yang melihat rancangan itu disukai ketika saya mengenakannya. Makanya saya mulai menggarap brand sendiri." ujarnya

Riza mengatakan, rancangan yang dibuatnya memiliki ciri khas tersendiri dalam desainnya. Khusus untuk Sun Summit ini, ia mengaku lebih banyak mendesain busana yang mengangkat tema budaya yang berada di berbagai daerah. Seperti ciri khas, suku Minangkabau, ataupun suku Makassar.

"Memilih etnik ini tidak lain karena saya sangat menyukai kekayaan budaya di Indonesia serta dapat memberikan inspirasi yang luas dalam mendesain. Produk itu kemudian saya padukan dengan bahan-bahan berkualitas dari daerah misalnya batik atau sutera. Selain itu, yang memberikan ciri khas terhadap produk saya ialah bordir dan payetnya." jelasnya.

Ia mengatakan, dalam merintis bisnis fashion yang telah dikenal hingga ke mancanegara, Riza rutin menjalin Silaturahmi dalam berbagai kegiatan. Hal ini menurutnya sangat berperan positif dalam pengembangan usaha fashionnya ke depan. Ia juga rutin untuk melakukan sharing dengan berbagai kalangan dalam mengembangkan bisnisnya. Pengalaman dari kegiatan-kegiatan tersebut dijadikan langkah dalam menerapkan strategi bisnis.

“Kadang kalau ke Kota Makassar itu, sharing dan silaturahmi dengan komunitas pengguna produk dari Sun Summit ini selalu saya sempatkan. Hal ini tentu untuk lebih dekan dengan mereka, serta mendengar produk-produk seperti apa yang dinantikan,” tutur Riza. 

Mengenai produk tentu ia melihat dari kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan trend busana saat ini. Produk-produk yang di produksi mulai dari jilbab, terusan, rok, hingga celana. Produk-produk ini juga akan memberikan kesan yang berbeda, misalnya ada yang casual, sporty dan konsep lainnya.

Bukan itu saja, ia juga menghadirkan produk-produk premium di mana memang harganya mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Produk-produk ini bisa digunakan ke berbagai kegiatan, baik sekadar hang out maupun menghadiri acara-acar resmi yang membuat orang yang mengenakannya lebih terlihat fashionable. 

Perlu diketahui, Merek Sun Summit ini memiliki makna puncak matahari. Makna ini diharapkan dapat membawa brand ini tetap disukai dan disenangi oleh banyak orang, bukan hanya di Indonesia, tapi juga ummat Muslim di berbagai negara.

Data Diri:
Nama: Riza Rozana
Pekerjaan: Desainer dan Owner Sun Summit
Lahir: Batusangkar, 13 Oktober 1973

Pagelaran :
Indonesia Culture Festival Amsterdam, Belanda
Trend Hijab Expo
Indonesia Fashion Week
New York Fashion Week
The International Woman's Exhibition (FEMME) dan Celebes Beauty Fashion Week (CBFW)

Tags