Kamis, 17 Mei 2018 03:30 WITA

Begini Konsep Bioskop Rakyat yang Akan Dibangun di Pasar Tradisional Jakarta

Editor: Abu Asyraf
Begini Konsep Bioskop Rakyat yang Akan Dibangun di Pasar Tradisional Jakarta
Sejumlah pasar tradisional di Jakarta bakal dibangun bioskop rakyat.

RAKYATKU.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membangun bioskop rakyat. Lokasinya di delapan pasar tradisional. Seperti apa konsepnya?

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, rencana tersebut bertujuan untuk mengubah stigma bioskop rakyat yang kerap dipandang negatif alias kumuh.

Rencananya, ada delapan titik pasar yang rencananya akan dibangun bioskop rakyat. Namun, Arief baru bisa menyebutkan tiga titik potensial yaitu Pasar Teluk Gong, Pasar Metro Atom, dan Pasar Kenari. 

Nantinya, bioskop rakyat akan beroperasi sebagaimana bioskop pada umumnya. Pemutaran film dilakukan tiap hari dengan jam yang terjadwal. Hanya saja, pilihan film yang ditayangkan agak sedikit berbeda. 

Arief mengatakan, film yang diputar tidak melulu film box office, melainkan film nasional dengan berbagai genre mulai dari hiburan, drama, hingga dokumenter. "Justru kita akan usahakan film-film Indonesia," kata Arief.

Arief menyebut, satu pasar mampu berisi tiga sampai empat studio dengan masing-masing kapasitas 50 orang. Bioskop rakyat ini dibangun dengan kerja sama antara PD Pasar Jaya dan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). 

"Ide mikro-cinema nanti PARFI juga bisa bantu. Itulah kemudian salah satu yang menarik dan bisa menghibur masyarakat marjinal," kata Arief usai rapat bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno dan Ketua Umum PARFI Marcella Zalianty serta beberapa bintang film lainnya, baru-baru ini.

Harga tiket yang dipatok direncanakan Rp20 ribu untuk umum dan Rp15 ribu untuk pemegang KJP dan Pasukan Oranye. Jumlah tarif yang dipatok itu agar masyarakat menengah ke bawah mampu membayarnya, termasuk pemegang kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Pasukan Oranye alias Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).

Arief mengatakan, tiga pasar yang akan dilengkapi bioskop rakyat adalah Pasar Teluk Gong, Pasar Metro Atom, dan Pasar Kenari. "Sudah berjalan, lagi diproses. Sekarang sedang uji konstruksi mudah-mudahan setelah Lebaran kami mulai (launching)," kata Arief seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/5/2018).

Berita Terkait