Kamis, 17 Mei 2018 06:00 WITA

Kisah di Balik Hijrah Indah Dewi Pertiwi, Sempat Ketakutan saat Baca Alquran

Editor: Abu Asyraf
Kisah di Balik Hijrah Indah Dewi Pertiwi, Sempat Ketakutan saat Baca Alquran
Indah Dewi Pertiwi

RAKYATKU.COM - Indah Dewi Pertiwi (IDP) menambah daftar artis yang memutuskan menutup aurat dalam aktivitas sehari-hari. Dalam beberapa hari belakangan ini, dia tampak mengenakan jilbab.

Pelantun lagu "Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa" tersebut berkisah bahwa sesungguhnya ia telah memiliki keinginan untuk berhijab sejak beberapa bulan lalu. Pada Juni hingga Juli 2017, ia memang sempat mengunggah sejumlah foto dirinya yang tengah mengenakan jilbab ke Instagram. Hanya saja, IDP kembali melepas jilbabnya.

"Cocok enggak, sih (berhijab)? Aku sih, secara pribadi belum pakai hijab. Cuma, pas Desember kemarin, aku kepengin pakai hijab di 2018. Aku kan bentar lagi (berusia) 27 (tahun), kan istilahnya udah matang. Mau tunggu apa lagi? Allah udah baik banget sama aku. Aku udah dimudahkan rezekinya, keluarga lengkap," tutur IDP kala itu.

"Itu (berhijab) kan kewajiban, akunya aja yang bandel. Jadi, pas dengerin tausiah, itu yang bikin aku pengin. Keinginan itu udah luar biasa, sih," imbuhnya.

Hanya saja, IDP masih kerap merasa ragu. Ia juga berniat untuk lebih dulu meyakinkan diri sendiri dan memperbaiki pergaulan. "Sekarang ini ilmu agamaku masih minim, jadi aku harus bertanya sama orang-orang yang sudah hijrah. Aku sekarang mulai cari pergaulan dengan orang yang udah berhijrah untuk cari tahu, gimana sih suka dukanya pas pertama kali (berhijrah)," sambungnya.

IDP kini gemar mengikuti pengajian untuk memperdalam ilmu agamanya. Kecanggihan teknologi juga mempermudah IDP untuk lebih sering mendengarkan ceramah dalam keseharian.

"Aku suka ikut kajian-kajian. Sekarang juga udah banyak di YouTube, jadi tiap hari dengar. Apalagi, aku imannya gampang ngedrop, harus sering dengar lewat YouTube," ungkapnya.

Saat ini, IDP juga sudah mulai meninggalkan pakaian-pakaian yang nampak terlihat seksi. "Kalau baju-baju lama yg panjang-panjang masih bisa dipakai, kalau baju yang ketat sekali enggak akan aku pakailah," ungkap Indah Pertiwi seperti dikutip dari Grid.ID baru-baru ini.

Meski sebelumnya telah memiliki pakaian-pakain muslim, tetapi Indah mengaku akan membeli lebih banyak lagi untuk mengkoleksi baju gamisnya itu. "Iya sekarang kalau misalkan lagi pergi udah mulai beli untuk koleksi kerudung sama baju panjang,"

"Cuma sebelumnya udh ada juga karena sebelumnya itu aku udh mulai suka, tapi cuma dipakai untuk momen-momen tertentu aja," ujar Indah.

Selain itu, pelantun Hipnotis ini memilih cara tersendiri untuk memadukan hijabnya. "Ya tergantung ya (style). Tapi sebenarnya lebih nyaman kalau pakai yang syar'i," katanya

Kendati begitu Indah Dewi Perti mengatakan dengan hijrahnya ini pun tak lepas dari doa dan dukungan dari keluarga dan rekan-rekannya. "Alhamdulillah dari lingkungan sendiri banyak yang dukung dan mendoakan dan mereka menginspirasi aku juga, ada yang juga kaya aku juga dulu pakaiannya, mereka berbagi cerita dengan aku bagaimana bisa berhijrah," ujarnya. 

Sebelumnya sejak banyak selebritis cantik yang memutuskan untuk berhijrah dengan mengenakan berhijab di awal tahun 2018, seperti Fenita Arie, Tia Avianka, Kartika Putri dan Tantri Kotak. 

Hal itu terlihat pada Indah Dewi Pertiwi saat mengisi acara program disalah satu televisi di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018). Indah pun menceritakan secara detail awal mulanya ia memutuskan untuk menutup auratnya tersebut.

"Sebenarnya kalau misalkan keinginan untuk pake hijab itu udah dari dulu beberapa tahun lalu. Cuma memang hati belum mantap, sempat beberapa bulan lalu membuka Alquran dan terjemahannya pas aku buka sempat takut," ungkap Indah. 

"Terus nggak tau kenapa kayak aku udah beberapa kali hatinya masih belum mantap, kemarin aku minta tolong sama Allah untuk dimantapkan hati aku," tambahnya.

Sebelumnya ia mengakui belum benar-benar mulai berhijab, namun berawal membaca ayat Alquran ia merasakan hatinya mantap untuk mengenakan hijab. Tak hanya itu ia mengungkapkan pasca kepergian ke Palestina membuat dirinya bertekad untuk memantapkan untuk berhijrah dengan menutup aurat dan juga menjaga kepribadiannya.

"Kemarin Allah kasih kesempatan ke Palestina. Di sana aku dikasih kesempatan sama Allah dan di sana dapat hidayah," ujar Indah. Meski berjalan waktu IDP panggilan akrabnya, ia merasa banyak godaan yang menghampiri pada saat berhijrah.